Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian dalam tesis ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Islam Irtiqoiyah Sentong Krejengan. (2) Untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sekolah terhadap Kompetensi Kepribadian Guru di SMA Islam Irtiqoiyah Sentong Krejengan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitaif deskriptif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Proses analisis analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif, analisis data kuantitaif menggunaka rumus Korelasi Pearson Product Moment, interpretasi koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji sinifikansi (t). Hasil Penelitian ini diolah melalui aplikasi SPSS versi 16.0 dengan hasil sebagai berikut: (1) Terdapat korelasi (hubungan) yang signifikan antara MGMP sekolah dengan kompetensi pedagogik, hal ini dibuktikan dengan thitung (7,181) > ttabel (1,659) atau signifikansi 0,030< signifikansi 0,05. Nilai R suqare (Determinasi) sebesar 0,389, dapat diartikan 38,9% kompetensi pedaogik dipengaruhi oleh MGMP sekolah, sedangkan sebanyak 61,1% dipengaruhi oleh varibel di luar penelitian. (2) Terdapat korelasi (hubungan) yang signifikan antara MGMP sekolah dengan kompetensi kepribadian, hal ini dibuktikan dengan thitung (6,243) > ttabel (1,659) atau signifikansi 0,00< signifikansi 0,05. Nilai R suqare (Determinasi) sebesar 0,247, dapat diartikan 24,7% kompetensi kepribadian dipengaruhi oleh kegiatan MGMP sekolah, sedangkan sebanyak 75,3% dipengaruhi oleh varibel di luar penelitian.