Efektivitas Ujian Berbasis Komputer Dan Ujian Berbasis Kertas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs. Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto

Main Author: Nurul, Fikriyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/294/1/Cover-abstrak.pdf
http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/294/2/BAB%20I.pdf
http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/294/3/BAB%20V.docx.pdf
http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/294/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/294/5/Full%20Thesis.pdf
http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/294/
Daftar Isi:
  • Ujian adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dari sekolah. Ujian berbasis komputer merupakan alternatif yang dilakukan untuk menanggulangi kelemahan dari ujian berbasis kertas, dalam pelaksanaannya ujian berbasis komputer menggunakan bantuan fungsi komputer. Ujian berbasis kertas merupakan kebijakan yang diterapkan pemerintah sebelum kebijakan ujian berbasis komputer muncul. Ujian berbasis kertas ini dalam pelaksanaannya membutuhkan kertas dan pensil serta melakukan penilaian secara manual yang biasanya dilakukan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui keefektifan ujian berbasis komputer dan ujian berbasis kertas pada mata pelajaran fikih (2) Mengukur komparasi antara hasil ujian berbasis komputer dengan ujian berbasis kertas pada mata pelajaran fikih. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di sekolah dan menggunakan metode kuantitatif yang datanya dikumpulkan dan diukur berupa angka. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Analisis datanya menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian 1) Efektivitas ujian berbasis komputer terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih diperoleh t hitung sebesar 5,44 maka -1,986 < 5,44 > 1,986 Ha diterima, sehingga Ha: b1 ≠ 0, terdapat efektivitas signifikan antara ujian berbasis komputer (X1) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih (Y). Sedangkan ujian berbasis kertas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih diperoleh t hitung sebesar 3,33 maka -1,986 <3,33> 1,986 Ha diterima, sehingga Ha: b2 ≠ 0, terdapat efektivitas signifikan antara ujian berbasis kertas (X2) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih (Y). 2) Hasil komparasi ujian berbasis komputer dan ujian berbasis kertas Pada uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung pada hasil ujian berbasis komputer lebih besar dari pada ujian berbasis kertas, maka ujian berbasis komputer lebih efektif dibanding ujian berbasis kertas.