Daftar Isi:
  • Karakter tanggung jawab menjadi salah satu karakter yang sangat penting untuk ditumbuhkembangkan pada jiwa peserta didik sebagai bentuk dari dampak positif pendidikan. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran karakter tanggung jawab pada santri dengan menggambarkan model pembelajaran pesantren untuk membentuk karakter tanggung jawab serta mengungkap pengalaman-pengalaman ustadz dan santri dalam proses pembelajaran karakter tanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo. Sumber data penelitian ini meliputi orang, tempat, kegiatan-kegiatan, dokumen-dokumen, dan materi-materi visual yang memberikan informasi dalam masalah yang diteliti. Adapun pengumpulan data melalui proses observasi, wawancara mendalam, pengamatan dokumen, dan telaah materi visual. Sementara analisis data dilakukan selama dan proses pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter tanggung jawab di Pondok Pesantren Bahrul Ulum didukung oleh agenda kegiatan dan disiplin pondok yang tinggi. Pembelajaran karakter tanggung jawab bagi santri dipengaruhi oleh kebijakan-kebijakan Pondok Pesantren berupa 1) sistem pendidikan pesantren yang menganut sistem mu’allimin (keguruan) dan dipadukan dengan sekolah formal baik MTs maupun Madrasah Aliyah, 2) sistem keorganisasian yang ada di pesantren lebih memberikan kesempatan kepada santri/ santriwati untuk menjadi pengurus pondok, 3) program niha’ie; melalui program ini tergambar bahwa Pondok Pesantren Bahrul Ulum menanamkan karakter tanggung jawab bagi santri melalui program dan tujuan yang jelas dan terukur, dan 4) program pengabdian sebagai bentuk tahapan pembentukan karakter mandiri dan tanggung jawab, sehingga sifat kedewasaan tumbuh dan berkembang pada diri santri. Dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab dilaksanakan model pembelajaran berdasarkan pembelajaran kepesantrenan meliputi kegiatan rutin, keteladanan, dan pengkondisian. Pengalaman ustadz dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab dilakukan melalui pemberian tugas, bimbingan, dan pengawasan. Pengalaman pembelajaran karakter tanggung jawab yang dirasakan santri dalam interaksi keseharian di Pondok Pesantren Bahrul Ulum adalah 1) Kewenangan dan pengontrolan dari ustadz dan 2) Kehangatan relasi antara santri dan ustadz