Daftar Isi:
  • Pelayanan administrasi kurikulum dan kinerja kepala sekolah sangatlah penting dalam suatu lembaga pendidikan. Keduanya akan mempengaruhi kepuasan guru di lembaga pendidikan tersebut. Terdapat ketidakpuasan dalam pemenuhan layanan administrasi kurikulum yang diberikan oleh petugas pelayan administrasi kurikulum terhadap guru di sekolah tersebut dikarenakan perencanan kurikulum pendidikan masih tercampur dengan kurikulum kepesantrenan. Kemudian kepala sekolah disibukkan dengan tanggungjawab dan aktivitas diluar sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) bagaimana deskripsi pelayanan administrasi, kinerja kepala sekolah dan kepuasan guru? 2) bagaimana pengaruh pelayanan administrasi kurikulum dan kinerja kepala terhadap kepuasan guru? 3) manakah yang lebih berpengaruh antara pelayanan administrasi kurikulum dan kinerja kepala sekolah terhadap kepuasan guru? Sedangkan tujuannya adalah 1) mengetahui deskripsi pelayanan administrasi kurikulum, kinerja kepala sekolah dan kepuasan guru 2)mengetahui pengaruh pelayanan administrasi kurikulum dan kinerja kepala sekolah terhadap kepuasan guru 3) mengetahui manakah yang lebih berpengaruh antara pelayanan administrasi kurikulum dan kinerja kepala sekolah terhadap kepuasan guru. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru di SMPU BP Amanatul Ummah yang berjumlah 50 Guru. Untuk analisisnya digunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan mengunakan SPSS. Hasil penelitian dalam taraf signifikansi dengan kategori kuat sebesar 67-100 %, sedang 36-66 %, lemah 35 % kebawah. Pengaruh secara bersama atau simultan antara variable X1 dan X2 yaitu pelayanan administrasi kurikulum dan kinerja kepala sekolah menunjukkan angka sebesar 47.6 % (taraf sedang). Sedangkan pengaruh paling dominan adalah pelayanan administrasi kurikulum yang menunjukkan angka sebesar 61.6 % dan kinerja kepala sekolah menunjukkan angka sebesar 15.2%.