PERAN KOMITMEN ORGANISASIONAL MEMEDIASI HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DENGAN KUALITAS LAYANAN DI HOTEL JIMBARWANA

Main Authors: Dwinda Murjana, I Komang; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Rahyuda, Ketut; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Riana, I Gede; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Buletin Studi Ekonomi , 2016
Subjects:
Online Access: http://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/22454
Daftar Isi:
  • Kualitas Layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komitmen organisasional sebagaipemediasi pengaruh kepuasan kerja terhadap kualitas layanan. Penelitian ini dilakukan di Hotel Jimbarwanadengan menggunakan sampel jenuh yaitu 35 orang karyawan. Data dikumpulkan dengan melakukaninterview dan penyebaran kuesioner. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis denganmenggunakan analisis deskriptif dan analisis Partial Least Square. Hasil penelitian ini menyimpulkanbahwa kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasional dan kualitas layanan, namun komitmen organisasional ditemukan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kualitaslayanan. Ditemukan pula bahwa komitmen organisasional tidak memediasi pengaruh kepuasan kerjaterhadap kualitas layanan. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja menjadi prediktorutama dari kualitas layanan. Kepuasan kerja berpengaruh tidak langsung dan tidak signifikan terhadapkualitas layanan melalui komitmen organisasional. Kata kunci : kepuasan kerja, komitmen organisasional, dan kualitas layanan