PERBANDINGAN EFEK TERAPI MUROTAL AL-QUR’AN SURAT AR-RAHMAN DENGAN TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU ANAK AUTIS
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya penderita autis di usia sekolah. Autis merupakan kelainan perilaku penderita yang hanya tertarik pada aktivitas mentalnya sendiri, seperti melamun dan berkhayal. Gangguan perilaku diantaranya yaitu kurangnya interaksi sosial, penghindaran kontak mata, kesulitan dalam menggunakan bahasa dan terjadi pengulangan tingkah laku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efek terapi murotal Al-Qur’an surat Ar-Rahman dengan terapi musik terhadap perubahan perilaku anak autis usia 6-12 tahun. Metode dalam penelitian ini menggunakan Evidance Based Nursing (EBN), yaitu mengkombinasikan informasi yang diperoleh dari hasil penelitian yang didesain dengan baik, keahlian klinis, perhatian pasien, dan pilihan pasien (Hollomean, G, et al, 2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi murotal Al-Qur’an surat Ar-Rahman lebih efektif dibandingkan terapi musik. Didukung oleh hasil penelitian yang sebelumnya terdapat perbedaan signifikan antara pemberian terapi murotal Al-Qur’an surat Ar-Rahman dengan terapi musik. Kesimpulan dari penelitian yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara pemberian terapi murotal Al-Qur’an surat Ar-Rahman dengan terapi music. Sehingga diharapkan kepada pihak institusi SLB Risantya dapat menerapkan dan dijadikan sebagai standar operasional prosedur (SOP) pemberian terapi murotal Al-Qur’an surat Ar-Rahman.-- This research is motivated by the high number of autistic patients at the school age. Autism is a disorder of behavior of sufferers who only interested in their own mental activities, such as daydreaming and fantasize. Behavioral disorders include lack of social interaction, avoidance of eye contact, difficulty in using language and repetition of behavior. The purpose of this study was to compare the effect of the Al-Qur'an murotal therapy of the Surah Ar-Rahman with music therapy on changes in the behavior of children with autism aged 6 -12 years. In this study, researchers used the Evidance Based Nursing (EBN) method, which combines information obtained from well-designed research results, clinical expertise, patient attention, and patient choice (Hollomean, G, et al, 2006). The results showed that the Al-Qur'an murotal therapy of the Surah Ar-Rahman more effective than music therapy. This is supported by the results of previous studies that there is a significant difference between the provision of murotal Al-Qur'Aan surah Ar-Rahman with music therapy. The conclusion of this study is existence a significant difference between the administration of murotal Al-Qur'an Surah Ar-Rahman with music therapy. So that is expected that the SLB institution Risantya can apply and serve as a standard operating procedure (SOP) for giving murotal Al-Qur’an therapy Surah Ar-Rahman.