HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG PERKEMBANGAN DENGAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH (3-5 TAHUN) DI PAUD AL-ZAHRA BINAAN UPTD PUSKESMAS TALAGA BODAS KOTA BANDUNG
Daftar Isi:
- Perkembangan merupakan hasil interaksi antara kematangan susunan saraf pusat dengan organ yang dipengaruhinya, sehingga perkembangan ini berperan penting dalam kehidupan manusia. Ibu berperan sebagai pendidik pertama dan utama dalam keluarga, ibu perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan agar mengerti dan terampil dalam melaksanakan pengasuhan anak sehingga dapat bersikap positif dalam membimbing tumbuh kembang anak secara baik dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu tentang perkembangan dengan perkembangan anak usia prasekolah (3-5 tahun) di PAUD Al-zahra binaan UPTD puskesmas Talagabodas Kota Bandung. Desain penelitian ini menggunakan teknik korelasi, dimana dalam desain ini menentukan ada tidaknya hubungan antara dua variabel. Data diperoleh dari kuesioner pengetahuan, sikap dan perkembangan. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan Spearman Rank.Hasil penelitian dari 38 responden didapatkan perkembangan sesuai 35 (92,1%), 26 responden (68,4%) dengan pengetahuan baik dan 37 responden (97,4%) dengan sikap positif (mendukung). Hasil uji analisa bivariat menunjukkan tidak ada hubungan pengetahuan ibu dengan perkembangan (p=0,948) dan tidak ada hubungan sikap ibu dengan perkembangan (p=0,774) anak usia 3-5 tahun. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan kembali sehingga mendapatkan hasil yang lebih variatif lagi dan adanya intervensi untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu terhadap perkembangan.