EFEKTIVITAS METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NAPZA PADA REMAJA
Daftar Isi:
- Di Indonesia angka kejadian remaja yang mengalami berbagai masalah kesehatan masih sangat tinggi, salah satunya penyalahgunaan NAPZA yaitu sebanyak 3,2% remaja terjerat kasus narkoba, disebabkan kurangnya pengetahuan menjadikan remaja kurang waspada dalam melakukan tindakan yang dapat menjerumuskannya kedalam pergaulan bebas. Tulisan ini bertujuan untuk melihat efektivitas pembelajaran dengan metode snowball throwing terhadap perubahan pengetahuan pada remaja. Metode yang digunakan adalah kajian literatur. Penelusuran database dilakukan melalui ProQuest, PubMed, Research Gate, eResources PNRI dan Google Scholar dengan menggunakan kata kunci “pengetahuan dan metode snowball throwing”, dan “knowledge and snowball throwing method”. Hasil kajian dari 8 artikel tersebut didapatkan bahwa metode snowball throwing dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga dapat mempengaruhi pengethauan yang dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar. Dengan demikian, bahwa metode snowball throwing efektif dalam meningkatkan pengetahuan remaja. Saran yaitu dilakukan intervensi pendidikan kesehatan dengan metode snowball throwing untuk melihat perubahan pengetahuan pada remaja.-- In Indonesia, the incidence of adolescents experiencing varios health problems is still very high, one of which is drug use, which is as 3,2% of adolescents caught in drug cases due to a lack pf knowledge which makes them less alert in taking actions that can lead to promiscuity. This research intends to identify the learning effectiveness using Snowball Throwing toward the change in knowledge amongst adolescents. The method used in this research is the literature review. The data is taken from ProQuest, PubMed, Research Gate, e-Resources PNRI, and Google Scholar with the keywords "pengetahuan dan metode snowball throwing", and "knowledge and snowball throwing method". The result from reviewing 8 articles was that the Snowball Throwing method could improve learning motivation, so it affects adolescents' knowledge, which was proved by the improvement of learning results. Thus, the Snowball Throwing method was effective in improved alteration of knowledge. Suggestion, an intervention for health education methods with the snowball throwing method is carried out to see changes in adolescent knowledge.