GAMBARAN REGULASI EMOSI DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA SISWA SMPN 6 KOTA BANDUNG
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku agresif pada remaja yang terlihat meningkat setiap tahunnya. Perilaku agresif ini akan mengakibatkan dampak negatif bagi remaja. Kondisi emosi dapat terlihat dari perilaku agresif dan bagaimana remaja tersebut meregulasi emosinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi gambaran regulasi emosi dan perilaku agresif pada rsiswa SMPN 6 Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan desain cross sectional. Responden merupakan siswa kelas VII dan kelas VIII di SMPN 6 Kota Bandung sebanyak 220 orang dengan menggunakan Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala regulasi emosi dan skala perilaku agresif dengan kuesioner yang di modifikasi. Teknik analisis data menggunakan Metode Deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa regulasi emosi sebagian besar berada pada kategori sangat tinggi (59,5%) dan perilaku agresif sebagian besar berada pada kategori sangat rendah (68,6%). Disarankan kepada pihak sekolah perlunya dilakukan pendidikan tentang BK (bimbingan konseling) untuk memasukannya ke dalam kurikulum mata pelajaran khususnya tentang regulasi emosi dan perilaku agresif, setidaknya 1 jam pelajaran setiap 1 minggu dan perlunya penelitian lanjutan dengan memperhatikan aspek regulasi emosi dan perilaku agresif.-- This research was motivated by increase the aggressive behavior among adolescents in every year. This aggressive behavior have negative impact for adolescents. Condition of the emotional can be seen from aggressive behavior and the capability of the adolescents to regulate their emotions. This reseach was conducted to identify the picture of emotional regulation and aggressive behavior among students in SMPN 6 Kota Bandung. This research is a quantitative descriptive research, the design used cross sectional. Respondents were students of grade 7th and 8th in SMPN 6 Bandung as much as 220 people and using stratified proportional random sampling. The instruments in this study used the Scale of Emotional Regulation and the Scale of Aggressive Behavior with modification questionare. The data analysis used Descriptive method. The result of this research indicated that there was emotional regulation is largery in the very high category (59,5%) and aggressive behavior is largely in the very low category (68,6%). Suggestion for school that they need the education about counseling guidance to include into the curriculum subject, especially about emotional regulation and aggressive behavior, at least 1 hour of lessons every week and the need for further research with regard to aspects of emotional regulation and aggressive behavior.