Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hospitalisasi pada anak usia sekolah. Anak usia sekolah yang dirawat di rumah sakit sering mengalami kecemasan dan takut merasa sakit, sehingga sulit diajak berperan dalam menjalani perawatan dan pengobatan khususnya pada saat tindakan pemberian obat injeksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh terapi bermain ular tangga terhadap tingkat kecemasan anak usia sekolah yang mengalami hospitalisasi saat pemberian obat injeksi di RSUD Al-Ihsan Provisi Jawa Barat. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Mei sampai dengan 16 Juni 2018 dengan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan desain Quasi-Experimental dengan jenis rancangan Pretest-Posttest Non Equivalent Control Group Desain. Pengumpulan data tingkat kecemasan menggunakan kuesioner the short for of CSAS-C (Chinese version of the State Anxiety Scale for Children). Sampel berjumlah 32 responden yang meliputi 16 responden kelompok kontrol dan 16 responden kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan penurunan skor tingkat kecemasan pada anak usia sekolah lebih tinggi kelompok perlakuan dibandingkan kelompok kontrol, dengan hasil uji statistik didapatkan (p value=<0,05). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terapi bermain ular tangga dapat berpengaruh terhadap tingkat kecemasan anak usia sekolah pada saat tindakan pemberian obat injeksi. Saran penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi, pengetahuan, dan masukan kepada praktisi kesehatan terutama perawat anak, sehingga metode ini dapat digunakan untuk pelayanan keperawatan dalam pemberian obat injeksi kepada anak usia sekolah.-- This research is motovared by hospitalization of school aged children who often experience anxiety and afraid of feeling pain. That makes it difficult to undergo health care and treatment, especially. During the medicine injection. This study aims to identify the effect snake and ladder game as a theraphy on minimizing anxiety level of the children who experience medicine injection in RSUD Al-Ihsan West Java. This research was conducted from May 15 to June 16, 2018 with quantitative research method and using Quasi-Experimental design with Pretest-Posttest Non Equivalent Control Group Design type. The Data of anxiety level was collected by using the short for of CSAS-C (Chinese version of the State Anxiety Scale for Children) questionnaire. From 32 sampels of respondents, there were 16 respondents of control group and 16 respondents of treatment group. The results showed that the decreasing of anxiety level in treatment group was higher than the one in control group, with statistical test results obtained (p value = <0.05). Based on this research, it can be concluded that snake and ladder theraphy has the effect on anxiety level of school aged children who will have medicine injection. The results of this research is to provide information, knowledge, and suggestion to health practitioner especially pediatric nurse. So that this method can be used for nursing service in giving medicine through injection to school aged children.