HUBUNGAN PERILAKU CYBERBULLYING DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA DI SMP NEGERI 6 BANDUNG
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh data dari UNICEF Indonesia di tahun 2016, menunjukkan sebanyak 41-50% remaja di Indonesia dalam rentang usia 13-15 tahun pernah mengalami tindakan cyberbullying. Dimana cyberbullying ini dapat memberikan dampak negatif seperti membuat sakit hati, marah, takut dan menjatuhkan harga diri lebih cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara cyberbullying dengan harga diri pada remaja di SMP Negeri 6 Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analitik korelatif dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik stratified proporsional random sampling sebanyak 113 responden. Penelitian ini menggunakan 2 instrumen yaitu Revised Cyber Bullying Inventori (RCBI) dan Rosenber’s Self Esteem Scale (RSES). Analisa data pada penelitian ini menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara perilaku cyberbullying (pelaku) dengan harga diri (p-value = 0,310, r = 0,143) dan tidak terdapat hubungan antara perilaku cyberbullying (korban) dengan harga diri (p-value = 0,064 r = 0,215). Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu membantu para guru dalam memberikan bimbingan konseling bagi para siswa.-- This research was based on the data from UNICEF of Indonesia in 2016. It showed that in amount of 41-50% of teenagers in Indonesia in the range of age of 13-15 years old, have experienced cyberbullying which has negative impact, such as: creating hurt, anger, fear and dropped self-esteem more quickly. This research aims to determine the relationship between cyberbullying with self-esteem of adolescents in Junior High School (SMP ) of Negeri 6 Bandung. This research is a quantitative research with correlative analytic method, with cross sectional design. While the sample in this research used stratified proportional random sampling technique. The obtained result was 113 respondents. Data analysis in this research used chi-square test. The result showed that there was no correlation between cyberbullying behaviour (doer) with self esteem (p-value = 0,310, r = 0,143) and as well as there was no correlation between cyberbullying behaviour (victim) with self esteem (p-value = 0,064 r = 0,215) . It is expected that counseling teachers can optimize their role to be a consultant for teenagers.