Daftar Isi:
  • Dizaman yang modern,perkembangan teknologi semakin meningkat. Terbukti dengan semakin bertambahnya penggunaan gadget bukan hanya orang dewasa yang menggunakannya tetapi anak dibawah umur sudah menggunakannya. Akibat dari penggunaan gadget dapat menyebabkan komunikasi anak dengan orang tua berkurang,kemampuan psikomotorik anak berkurang, anak kesulitan beradaptasi dengan materi pelajaran, dan kesulitan dalam bersosialisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan pengunaan gadget terhadap psikososial anak sekolah dasar di SDS Kartika Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sample sebanyak 88 responden. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah dengan cara stratified random sampling. Hasil penelitian terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan psikososial dengan hasil yang diperoleh senilai p = 0,00 dengan (p < 0,05). Saran bagi penelitian selanjutnya untuk menggunakan metode yang berbeda, sehingga peneliti dapat menggali informasi lebih dalam malalui wawancara atau hanya memilih satu kelas saja yang diteliti mengenai hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial anak.-- In this modern era, technological development is increasing. One of them is using gadget. It is proven that the increasing use of gadgets is not only on adults but also on underage children. effect of using gadgets can cause communication between children and parents is reduced, the psychomotor ability of children is reduced, the children are difficult to adapt to the subject matters and difficulties in socializing. The purpose of this study was to determine the relationship using gadget and psychosocial on students Kartika Private Elementary School in Bandung. This study used a correlational design with a cross sectional approach. There were 88 respondents. The sampling technique this study was conducted by carastratfied random sampling. The results in the study showed that there was relationship between the use of gadgets and psychosocial development with the results obtained as p = 0.00 with (p< 0.05). Suggestions for further research is to use different methods, so that researchers can dig deeper information through interviews or choose only one class that is examined about the relationship of using gadgets on the children's psychosocial development.