Daftar Isi:
  • Hipertensi merupakan penyakit kardiovaskuler yang mengalami peningkatan kejadian penyakit. Hipertensi salah satu penyakit kronis yang membutuhkan self care (perawatan diri) hal ini karena pasien hipertensi sering mengkonsumsi makanan yang berlemak dan garam berlebihan dengan adanya self care pasien mampu untuk mendeteksi, mengelola gejala dan perubahan gaya hidup yang terkait dengan hipertensi apabila penderita hipertensi tidak melakukan self care maka akan memperparah hipertensi dan menimbulkan komplikasi. Supportive educative (dukungan pendidikan) sangat dibutuhkan karena untuk meningkatkan kepatuhan dalam pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supportive educative terhadap self care pada pasien hipertensi di RW 10 Kelurahan Malabar Wilayah Kerja Puskesmas Talagabodas. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain pre eksperimental (one group pretest-posttest). Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini yaitu lansia yang menderita hipertensi sebanyak 10 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner Self Care Management. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis inferensial dengan menggunakan uji paired t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara self care sebelum dan sesudah diberikan intervensi supportive educative (p-value 0,001; α = 0,005) dengan skor mean 42,90 lebih rendah dibandingkan dengan sesudah diberikan intervensi sebesar 56,70. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi rujukan bagi petugas kesehatan untuk melakukan intervensi keperawatan dalam meningkatkan self care melalui intervensi supportive educative. Dimana dengan supportive educative ini bisa meningkatkan self care pada pasien hipertensi dalam aspek manajemen berat badan, makan rendah garam, aktivitas fisik, manajemen stres, membatasi alkohol, membatasi merokok, dan penggunaan terapi.-- Hypertension is a cardiovascular disease that has been increasing recently in terms of its case. It is one of chronic diseases that require self care since people with the disease often consume excessively fat and high salted foods. By applying the self-care, they can detect and manage symptoms and life style changes associated with the disease. If they do not do it, it will worsen the disease and cause some complication. Supportive educative is urgently needed because of improved adherence to treatment. This research is aimed at identifying the influence of educative supportive on self care for hypertensive patients in RW 10, Malabar at Talagabodas Community Health Center (Puskesmas). This research was a quantitative research using the pre experimental design (one group pretest-posttest). The samples involved in this study were 10 elderly who suffer from hypertension. This research used Cluster Sampling as the sampling technique. The data were collected using Self Care Management questionnaire. The data were analyzed using inferential analysis by using the paired t test. The results show that there is a significant influence between self care before and after given supportive educative intervention (p-value 0.001; α = 0.005) with 42.90 of mean which is lower than after intervention, 56.70. The results of this study are expected to be a reference for health workers to conduct nursing interventions in improving self care through the supportive educative intervention. The intervention can improve self care in hypertensive patients in aspects of weight management, low-salt meal, physical activity, stress management, alcoholic beverages control, smoking control, and therapy use.