Pelatihan Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. (SKP.BK 0033)
Main Author: | Wulan Saputri, Anjani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.umtas.ac.id/43/1/COVER.pdf http://repository.umtas.ac.id/43/2/ABSTRAK.pdf http://repository.umtas.ac.id/43/3/BAB%20I.pdf http://repository.umtas.ac.id/43/5/BAB%20II.pdf http://repository.umtas.ac.id/43/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.umtas.ac.id/43/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang berkembang di kalangan siswa terkait dengan disiplin pada proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa disiplin belajar memberikan pengaruh baik secara langsung maupun tidak terhadap keberhasilan proses pembelajaran, berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar, hasil belajar, dan motivasi belajar sehingga ada kepentingan untuk dikembangkan. Bimbingan dan konseling memiliki peranan penting baik dalam melakukan antisipasi maupun penyembuhan bagi siswa yang memiliki disiplin belajar rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan disiplin belajar dengan menerapkan pelatihan self management. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran empirik mengenai keefektifan pelatihan self management dalam meningkatkan disiplin belajar siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tasikmalaya TahunAjaran 2018/2019 yaitu sebanyak 218 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan melalui angket disiplin belajar. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t serta program SPSS 16.00 for windows untuk mengukur uji beda dua rata-rata erpasangan. Hasil penelitian menunjukkan secara umum disiplin belajar siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tasikmalaya berada pada kategori cukup. Pelatihan self management efektif dalam meningkatkan disiplin belajar siswa.