EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA - SKP.PTI 0004

Main Author: Epi, Yulistina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.umtas.ac.id/237/3/Cover%20Skripsi.pdf
http://repository.umtas.ac.id/237/3/Abstrak.pdf
http://repository.umtas.ac.id/237/5/BAB%20I.pdf
http://repository.umtas.ac.id/237/1/BAB%20II.pdf
http://repository.umtas.ac.id/237/2/BAB%20III.pdf
http://repository.umtas.ac.id/237/4/DaPus.pdf
http://repository.umtas.ac.id/237/
Daftar Isi:
  • Kemandirian belajar peserta didik menjadi hal yang penting dan perlu dicapai dalam sebuah proses pendidikan, akan tetapi fakta yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa tingkat kemandirian belajar peserta didik masih rendah sehingga diduga berdampak pada pencapaian prestasi belajar yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievment Divisons (STAD) terhadap kemandirian dan prestasi belajar peserta didik pada materi perangkat lunak pengolah angka, serta untuk mengetahui hubungan antara kemandirian dan prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan metode Quasi Eksperimental dengan bentuk Non-equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BPI Baturompe kota Tasikmalaya dengan populasi kelas X BDPM. Sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode non tes dan tes. Instrumen yang digunakan berupa angket kemandirian belajar, dokumentasi dan soal tes prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil uji t post test angket kemandirian belajar nilai t hitung sebesar 7,953 > t tabel 2,02 dengan nilai signifikansi 0,000 dimana Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Hasil uji t post test prestasi belajar diperoleh nilai t hitung sebesar 3,990 > t tabel 2,02 dengan nilai signifikansi 0,000, yang artinya Ho diterima. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif terhadap kemandirian dan prestasi belajar. (3) Hasil uji korelasi antara kemandirian dan prestasi belajar peserta didik nilai r hitung 0,730 > r tabel 0,433 dengan nilai signifikansi 0,000 dimana Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat hubungan antara kemandirian belajar peserta didik dengan prestasi belajar peserta didik dengan tingkat hubungan berada pada kategori kuat.