Daftar Isi:
  • Adiksi merupakan kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus yang mengakibatkan gangguan pada fisik, sosial, spiritual, mental dan finansial individu. Adiksi seseorang dapat terjadi kepada siapa saja dan dalam bentuk apa saja, salah satunya adalah adiksi atau adiksi game. Terdapat tujuh karakteristik adiksi game, diantaranya Saliance (game menjadi aktivitas yang paling penting, mendominasi pikiran, perasaan dan perilaku), Tolerance (bermain game semakin meningkat, waktu yang dihabiskan bermain game bertambah), Mood modification (Perasaan seseorang yang dihasilkan dari bermain game, misalnya perasaan nyaman serta menghindari interasi dengan orang lain), Withdrawal (dampak yang terjadi ketika berhenti bermain game. misalnya murung (moodiness) dan lekas marah (irritabilty)), Relapse (kecenderung individu untuk secara cepat kembali mengulangi perilaku bermain game), Konflik yang dapat terjadi diantara pemain dan orang-orang disekitarnya, meliputi argumen dan penolakan serta berbohong, dan Masalah yang terjadi disebabkan oleh aktivitas bermain game secara berlebihan sehingga mendorong tergesernya aktivitas lain seperti sekolah, makan atau tidur, dan bersosialisasi. Penelitian ini membahas tentang adiksi game disekolah galuh rahayu tahun ajaran 2019/2020 dengan hasil yang diperolah sebagian besar siswa berada pada kategori tinggi, artinya siswa cenderung merasa game merupaka sebuah kebutuhan yang tidak boleh terlewatkan. Hampir seluruhnya berada pada tingkat tinggi dengan rata-rata 82,90%.