Daftar Isi:
  • Pelayanan rawat jalan merupakan salah satu Unit kerja di rumah sakit yang melayani pasien dengan berobat jalan termasuk seluruh prosedur diagnostik serta terapeutik. Waktu tunggu merupakan masalah yang sering dikeluhkan oleh pasien rawat jalan dan salah satu komponen yang potensial menyebabkan ketidakpuasan pada pasien menunggu dalam waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien di Poliklinik RSUD Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Jenis penelitian menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional study. Sample penelitian sebanyak 98 orang dengan menggunakan tehnik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner . Analisa data menggunakan analisa univariate dan bivariate (Chi Square). Hasil penelitian waktu tunggu pasien menunjukan sebanyak 82 responden dalam kategori lama dan 16 responden dalam kategori cepat. Hasil penelitian kepuasan pasien menunjukan sebanyak 51 responden dalam kategori puas dan 47 responden dalam kategori tidak puas. Hasil uji statistik menunjukan ada hubungan antara waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien di Poliklinik RSUD Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya dengan nilai p value 0,005. Saran bagi Manajamen Rumah Sakit perlu adanya Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam hal penetapan standar waktu tunggu pasien untuk mendapatkan pelayanan rawat jalan.