PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP SWASTA CERDAS MURNI TEMBUNG T.A. 2014/2015

Main Authors: Jariyah, Ainun, Harahap, Mara Bangun
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) , 2018
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/9400
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/9400/8629
Daftar Isi:
  • Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan mind map terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Cerdas Murni Tembung yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan esai tes dengan jumlah 10 soal yang telah divalidkan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran PBL menggunakan mind map adalah 61,74 dan dengan pembelajaran konvensional adalah 49,75. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t, menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : model pembelajaran problem based learning, mind map, hasil belajar