PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II DI SMAN 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2015/2016
Main Authors: | Saragih, Zulviana Oktari, Amdani, Khairul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/5622 http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/5622/8240 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yang terdiri dari 37 siswa kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigationdan 38 siswa kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel berdasarkan teknik cluster random sampling dari populasi seluruh siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei TuanT.P. 2015/2016 secara signifikan lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar, Dan Suhu Dan Kalor.