PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU, KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.P. 2014/2015

Main Authors: Tuti., Sri, ., Khairul Amdani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) , 2015
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/5417
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/5417/8148
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu, kalor dan perpindahan kalor kelas X semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah pilihan berganda dan lembar aktivitas siswa. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes dan postes kelas eksperimen sebesar 30,89 dan 74,89. Dan nilai rata-rata pretes dan postes kelas kontrol sebesar 31,78 dan 66,67. Rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen dalam kategori sangat aktif dan rata-rata aktivitas siswa kelas kontrol dalam kategori cukup aktif. Hasil uji hipotesis menggambarkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu, kalor dan perpindahan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P 2014/2015. Kata kunci : Model pembelajaran inquiry training, aktivitas