PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA St. YOSEPH MEDAN T.P 2014/2015

Main Authors: Sihombing, Eidi, Banjarnahor, Pesta Uli
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) , 2015
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/5386
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/5386/8158
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Listrik Dinamis.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 156 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random samplingyaitu kelas X1 sebagai kelas Eksperimendan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajaradalah tes hasil belajar dalam bentuk Essay. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis. Kata Kunci : Inquiry training, hasil belajar.