PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN
Main Authors: | Rumahorbo, Sari Marina, Motlan, Motlan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
, 2020
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/21142 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/21142/14591 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI semester I SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan penelitian two group pretest – posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu X MIA-3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA-4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 8 soal berbentuk essai. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan akibat model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa di kelas XI semester I pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI Mia semester I di SMAN 2 Percut Sei Tuan.Kata Kunci: inkuiri terbimbing, fluida dinamis, hasil belajar