PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM NEWTON

Main Authors: Pohan, Destriana, Simamora, Pintor
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI) , 2015
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/1983
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/1983/1661
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis macromedia flash pada materi pokok Hukum-hukum Newton. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA Semester I SMA Negeri 1 Kisaran yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA5 sebagai kelas kontrol. Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 69,16 dengan kategori nilai cukup aktif. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwaada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum-hukum Newton. Kata Kunci : model kooperatif tipe jigsaw, macromedia flash, hasil belajar