PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Main Authors: Simamora, Pintor, Dalimunthe, Asmidar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI) , 2015
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/1964
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/1964/1642
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan peta konsep terhadap aktifitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di SMA Swasta Dharmawangsa Medan T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Swasta Dharmawangsa Medan yang berjumlah 13 kelas. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa dan tes hasil belajar sebanyak 15 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah dilakukan validasi. Hasil penelitian memberikan bahwa aktifitas belajar siswa kelas eksperimen meningkat yaitu pertemuan I 63,22% dan pada pertemuan II 71,42%. Berdasarkan uji-t setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan Peta Konsep terhadap aktifitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Swasta Dharmawangsa Medan T.P 2012/2013. Kata Kunci : kooperatif tipe TPS, peta konsep, hasil belajar, aktivitas.