PENGARUH MODEL GENERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN

Main Authors: Sitanggang, Warmi H, Simamora, Pintor
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS NEGERI MEDAN , 2020
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/18682
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/18682/13620
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model generative learning terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi Momentum, Impuls dan Tumbukan di kelas X SMA Negeri 10 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian control group pre-test post-test Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel Dengan cara cluster random sampling terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Di peroleh postes kelas eksperimen 75,8 dan kelas kontrol 69,0. Hasil pengujian menunjukkan (2,53) > (1,67). Terdapat pengaruh model generative learning terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi Momentum, Impuls, dan Tumbukan.Kata Kunci: Generative Learning, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar