PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2016/2017
Main Authors: | Silitonga, Kartini, Situmorang, Rappel |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/13967 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/13967/11614 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di Kelas XI SMA Negeri 4 Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI semester genap SMA Negeri 4 Medan yang terdiri dari 11 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling dan diberikan perlakuan yang berbeda dengan jumlah masing-masing 40 siswa, kelas XI-MIA6 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran quantum teaching dan XI-MIA3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 15 soal dengan 5 option dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil nilai pretes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 37,88 dan kelas kontrol 39,44. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata postes kelas eksperimen 71,64 dan kelas kontrol 66,92. Hasil analisis uji t didapat thitung>ttabel (1,718 > 1,676) sehinnga ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI SMA Negeri 4 Medan T.P. 2016/2017.Kata kunci : quantum teaching, hasil belajar, fluida dinamis