PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2016/2017

Main Authors: Sinaga, Aprilia P, Harahap, Mara B
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS NEGERI MEDAN , 2019
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/12480
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/12480/10732
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 dari 11 kelas secara acak yaitu kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol masing –masing berjumlah 43 orang. Instrumen keterampilan proses sains yang digunakan berupa Lembar Kerja Siswa(LKS) yang telah divalidasi. Hasil uji hipotesis diperoleh (uji-t diperoleh adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Kata Kunci: inquiry training, keterampilan proses sains, suhu dan kalor