IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP KARAKTER SISWA

Main Authors: Sinurat, Hestra Astri Yudika, Simanjuntak, Mariati P., Simatupang, Sehat
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS NEGERI MEDAN , 2018
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/11116
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/11116/9884
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model PBL berbantuan simulasi komputer terhadap karakter siswa di SMA Negeri 10 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian quasi experiment dengan desain two group pretest-postest. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X MIA semester II yang berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 orang dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 34 orang. Kelas eksperimen diterapkan PBL berbantuan simulasi komputer dan kelas kontrol pembelajaran konvensional. Pengukuran karakter menggunakan lembar observasi dan angket. Pembelajaran dilakukan sebanyak 3 kali dan terjadi peningkatan karakter. Karakter siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata 74,5% dalam kategori tinggi dan kelas kontrol 41,5% dalam kategori sedang.Kata Kunci: karakter, model problem based learning (PBL), simulasi komputer.