PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL THINKING DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Main Authors: Novrini, Novrini, Siagian, Pargaulan, Surya, Edy
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Study Program of Mathematics Education of Unimed Postgraduate Program , 2015
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/3364
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/3364/3030
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menganalisis bagaimana kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan Visual Thinking dalam pemecahan masalah matematis setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Buku Siswa, Buku Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kegiatan Siswa. Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh hasil bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori valid, praktis dan efektif serta adanya peningkatan kemampuan visual thinking dalam pemecahan masalah matematis setelah menggunakan perangkat yang dikembangkan sebesar 5 %.