DESAIN PEMBELAJARAN OPERASI PECAHAN MENGGUNAKAN KERTAS BERPETAK DI KELAS IV

Main Author: Khuriyati, Lukluk
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Study Program of Mathematics Education of Unimed Postgraduate Program , 2016
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/3362
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/3362/3028
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menghasilkan lintasan belajar untuk membantu siswa dalam memahami operasi pecahan dengan menggunakan kertas berpetak di kelas IV SD. Penelitian ini berdasarkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research type validation study yang bertujuan untuk membuktikan teori-teori pembelajaran. Desain research terdiri dari tiga tahap; desain pendahuluan, desain percobaan, dan retrospective analysis. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 130 Palembang dengan melihatkan siswa kelas IV yang berjumlah 38 siswa. aktivitas-aktivitas pembelajaran yang dilakukan siswa meliputi: 1) memahami arti pecahan, 2) menemukan pecahan senilai, dan 3) memahami konsep operasi pecahan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui serangkaian aktivitas yang telah dilakukan membantu siswa dalam pembelajaran operasi pecahan.