PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN MOTIVASI SISWA SMP

Main Authors: Putri, Shulha Kynanda, Siregar, Hasratuddin, Syahputra, Edi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Study Program of Mathematics Education of Unimed Postgraduate Program , 2020
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/22945
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/22945/15085
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) perangkat pembelajaran yang efektif berbasis PMR terhadap kemampuan spasial siswa di SMPN 2 Pulo Bandring; (2) perangkat pembelajaran yang efektif berbasis PMR terhadap motivasi siswa di SMPN 2 Pulo Bandring. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Dick dan Carey. Perangkat yang dikembangkan berupa RPP, LKS dan Buku Siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Pulo Bandring kelas IX. Berdasarkan pengembangan perangkat pembelajaran yang efektif diperoleh berdasarkan indikator keefektifan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) ketuntasan klasikal mencapai 90% yakni telah memenuhi kriteria ketuntasan yakni ≥ 85% siswa mencapai KKM; (2) ketuntasan tujuan pembelajaran rata-rata mencapai 77,24% yakni telah memenuhi kriteria ketuntasan yakni ≥75% dari skor maksimum tiap butir soal; (3) respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh rata-rata 94,8%; (4) waktu pembelajaran dalam penelitian tidak berbeda jauh dengan waktu pembelajaran biasa.Kata Kunci: Development research, Dick & Carey Model, Realistic Mathematics Education, Spatial Ability, Motivation.