PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBASIS BUDAYA MINANGKABAU TERHADAP SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 PANTI

Main Authors: Putri, Novia Eka, Syahputra, Edi, Mulyono, Mulyono
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Study Program of Mathematics Education of Unimed Postgraduate Program , 2018
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/22924
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/22924/15069
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbasis budaya Minangkabau terhadap Self Efficacy, (2) menganalisis interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbasis budaya Minangkabau dan kemampuan awal matematis terhadap Self Efficacy siswa. Instrumen yang digunakan Angket Self Efficacy. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitiaan menunjukkan : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbasis budaya Minangkabau terhadap Self Efficacy, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbasis budaya Minangkabau dan kemampuan awal matematis terhadap Self Efficacy siswa.Kata Kunci: TPS, Think Pair Share, Self Efficacy Siswa, KAM.