PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBASIS BUDAYA MINANGKABAU TERHADAP SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 PANTI
Main Authors: | Putri, Novia Eka, Syahputra, Edi, Mulyono, Mulyono |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Study Program of Mathematics Education of Unimed Postgraduate Program
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/22924 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/22924/15069 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbasis budaya Minangkabau terhadap Self Efficacy, (2) menganalisis interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbasis budaya Minangkabau dan kemampuan awal matematis terhadap Self Efficacy siswa. Instrumen yang digunakan Angket Self Efficacy. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitiaan menunjukkan : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbasis budaya Minangkabau terhadap Self Efficacy, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbasis budaya Minangkabau dan kemampuan awal matematis terhadap Self Efficacy siswa.Kata Kunci: TPS, Think Pair Share, Self Efficacy Siswa, KAM.