PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM
Main Authors: | Manurung, Delima, Siagian, Pargaulan, Minarni, Ani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Study Program of Mathematics Education of Unimed Postgraduate Program
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/22880 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/22880/15042 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif yang dikembangkan berbasis Pendidikan Matematika Realistik; (2) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR; dan (3) Menganalisis pencapaian self-efficacy siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Desain penelitian ini menggunakan one-group posttest only design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perangkat pembelajaran berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dari uji coba I ke uji coba II, dengan peningkatan tiap indikator sebesar 0,35%; 3,99%; 16,22% dan 8,32%; dan 3) self-efficacy siswa meningkat dari uji coba I ke uji coba II, pada dimensi level meningkat sebesar 1,24%, pada dimensi generality meningkat sebesar 0,99%, dan pada dimensi strength meningkat sebesar 2,99%.Kata kunci: perangkat pembelajaran, pendidikan matematika realistik, kemampuan pemecahan masalah matematis, self-efficacy