PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SD ISLAM SULTAN AGUNG 4
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran Explicit Instruction berbantuan media visual di kelas V SD Islam Sultan Agung 4. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kerja keras dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh persentase dengan ketuntasan klasikal 73,68% dan pada siklus I kriteria kerja keras siswa belum memenuhi indikator pencapaian. Pada siklus II meningkat mencapai kriteria kerja keras sangat baik dengan persentase klasikal 94,73%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 70 dengan persentase ketuntasan kelas 73%, meningkat ke siklus II dengan nilai rata-rata 82 dan persentase ketuntasan kelas 89%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Explicit Instruction dengan berbantuan media visual dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar PKn kelas V SD Islam Sultan Agung 4. Kata Kunci: Kerja Keras, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Explicit Instruction