PENGARUH KERJA SAMA DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP NILAI BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 2 BULUGEDE KECAMATAN PATEBON
Daftar Isi:
- Inovasi dalam pembelajaran dapat diwujudkan melalui penggunaan model pembelajaran yang menunjang kemampuan siswa dan menciptakan kelas yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh kerja sama dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap nilai belajar IPA kelas V dan (2) mengetahui perbedaan yang signifikan nilai belajar IPA antara sebelum dan setelah pembelajaran Think Pair Share (TPS) di kelas V SD Negeri 2 Bulugede Kecamatan Patebon. Metode penelitian eksperimen kuantitatif menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas V dengan jenis pre eksperimental dan desain one group pre test post test menggunakan satu kelas eksperimen. Data diperoleh dari pre test dan post test selain itu juga observasi kerja sama siswa selama pembelajaran, analisis data berupa uji normalitas uji regresi linear sederhana, dan uji t-paired. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kerja sama dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada uji regresi (Ŷ = 8,239 + 0,912x) dengan nilai positif. Uji signifikansi nilai pre test ke post test menghasilkan thitung 15,539 dengan ttabel 2,0422 pada taraf α 0,05. thitung dan terbukti signifikan. Kata kunci : think pair share, kerja sama, nilai belajar IPA