Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan karena rendahnya kemampuan menulis siswa yang disebabkan ketika mata pelajaran Bahasa Indonesia, daya tangkap dan nalar siswa kurang. Selain itu minat belajar siswa juga sedikit, dan perhatian siswa terhadap penjelasan guru juga kurang, sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan, akibatnya kemampuan menulis siswa rendah. Dengan demikian dilakukan tindakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence berbantuan media kartu yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa melalui model pembelajaran Concept Sentence berbantuan media kartu di kelas IV SD Negeri Karangasem 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Ngeri Karangasem 01 yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yang meliputi lembar unjuk kerja siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa ditunjukkan daengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata- rata 10,02 dan presentase siswa yang mendapat nilai baik dan sangat baik 65,78%, kemudian pda siklus II dengan nilai rata- rata 12 dan presentase nilai siswa yang mendapat nilai baik dan sangat baik 89,47%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Concept Sentence berbantuan media kartu dapat meningkatkan kemamuan menulis karangan narasi siswa di kelas IV SD Negeri Karangasem 01. Kata Kunci : Kemampuan menulis karangan narasi, Model Pembelajaran Concept Sentence, Media Kartu