PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAIR CHECKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS V SDN GEBANGSARI 02
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa dalam pembelajaran Pair Checks terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V SDN Gebangsari 02. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan Pree-Experimental dengan desain One-Shot Case Study yang merupakan suatu kelompok diberi treatment/perlakuan/tindakan (X), selanjutnya diobservasi hasilnya (O), dan hanya menggunakan satu kelas. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa dengan sampel 30 siswa. Data analisis akhir hasil kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji regresi sederhana, koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Berdasarkan hal tersebut, maka ditemukan nilai thitung = 4,245 > ttabel = 2,048,dengan signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Berarti ada pengaruh yang signifikan variabel minat (X) terhadap variabel Kemampuan pemecahan masalah (Y). Nilai koefisien korelasi menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak. Diketahui koefisien korelasi sebesar 0,626, maka berkategori kuat. Kemudian, koefisien determinasi sebesar 39,2%, sedangkan 60,8 dipengaruhi oleh faktor terbatasnya waktu pembelajaran. Berarti data tersebut terdapat pengaruh minat belajar siswa dalam pembelajaran Pair Checks terhadap kemampuan pemecahan masalah di SDN Gebangsari 02. Kata kunci: Minat, Pair Checks, Kemampuan Pemecahan Masalah