Daftar Isi:
  • Komitmen afektif merupakan hal yang penting bagi sebuah organisasi untuk menciptakan kelangsungan hidup dan mencapai tujuannya, apapun bentuk organisasi tersebut. Komitmen afektif juga berguna untuk menunjukan rasa memiliki seorang karyawan terhadap perusahaannya. Dengan adanya rasa saling memiliki antara karyawan dan organisasi dapat meningkatkan keterlibatan aktivitas dalam organisasi. Loyalitas dan dedikasi karyawan inilah yang kemudian akan memperjelas visi-misi suatu organisasi/perusahaan. Penelitian ini dilakukan di BRI Unit Cepu , dalam penelitian ini yang menjadi populasi ialah seluruh karyawan BRI Unit Cepu yaitu sebanyak 63 karyawan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 63 karyawwan. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan sampling jenuh. Teknik sampling ini merupakan teknik pengambilan sampel yang menyertakan keseluruhan populasi sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan Ada pengaruh antara dukungan organisasi terhadap Komitmen afektif , artinya apabila dukungan organisasi tersebut meningkat maka hal itu akan meningkatkan Komitmen afektif. Ada pengaruh antara kualitas pelatihan terhadap Komitmen afektif , artinya apabila kualitas pelatihan tersebut meningkat maka hal itu akan meningkatkan Komitmen afektif. Ada pengaruh antara dukungan organisasi terhadap kinerja SDM, artinya apabila dukungan organisasi tersebut meningkat maka hal itu akan meningkatkan kinerja SDM. Ada pengaruh antara kualitas pelatihan terhadap kinerja SDM, artinya apabila kualitas pelatihan tersebut meningkat maka hal itu akan meningkatkan kinerja SDM. Ada pengaruh antara komitmen afektif terhadap kinerja SDM, artinya apabila komitmen afektif tersebut meningkat maka hal itu akan meningkatkan kinerja SDM. Kata kunci : kinerja SDM, persepsi dukungan organisasi, kualitas pelatihan dan komitmen afektif