DAMPAK CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP WORD OF MOUTH COMMUNICATION MELALUI REPURCHASE INTENTION (Studi Kasus Pada Produk Susu Kedelai UMKM Sehelai Kabupaten Semarang, Jawa Tengah)
Daftar Isi:
- UMKM “Sehelai” adalah UMKM yang memproduksi susu kedelai yang berada di Kabupaten Semarang. Dalam kurun waktu tiga tahun UMKM “Sehelai” tidak mengalami kemajuan penjualan yang signifikan. Untuk meningkatkan penjualan dari UMKM “Sehelai” maka diperulkan analisis tentang pengaruh antara kepuasan pelanggan terhadap komunikasi dari mulut ke mulut melalui pembelian ulang. Penelitian terdahulu mengatakan pengaruh dari kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komunikasi dari mulut ke mulut, akan tetapi penelitian lain menyatakan tidak ada pengaruh yang signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap komunikasi dari mulut ke mulut. Maka dari itu dalam penelitian ini bertujuan untuk memecahkan perbedaan penelitian terdahulu dengan menganalisa pengaruh antara kepuasan pelanggan terhadap komunikasi dari mulut ke mulut melalui pembelian ulang. Metode pengumpulan data menggunakan accidental sampling method dengan melakukan penyebaran kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang pelanggan UMKM “Sehelai” yang telah membeli produk lebih dari dua kali. Dengan menggunakan analisis kuantitatif yang meliputi : uji validitas dan uji reliabilitas, uji multikolinieritas, heteroskedastisitas dan normalitas, analisis jalur, uji t, uji f, dan koefisien determasi. Untuk menguji analisis kuantitatif tersebut menggunnakan program spss 16.0 for windows. Data-data yang telah memenuhi hasil uji validitas dan uji reliabilitas, uji multikolinieritas, heteroskedastisitas dan normalitas selanjutnya dilakukan dengan menguji hipotesis menggunakan analisis jalur dan uji t sehingga didapatkan hasil kepuasan pelangggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang, dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komunikasi dari mulut ke mulut, serta pembelian ulang berpengaruh positif dan signifikan terhadap komunikasi dari mulut ke mulut. Selanjutnya pengaruh tidak langsung positif dan signifikan antara kepuasan pelanggan dan komunikasi dari mulut ke mulut melalui pembelian ulang. Kata kunci: kepuasan pelanggan, pembelian ulang, komunikasi dari mulut ke mulut.