Daftar Isi:
  • Di era globalisasi setiap perusahaan akan mempunyai persaingan yang berdampak pada perusahaan tersebut, baik untuk meningkatkan kinerja perusahaan maupun untuk meningkatkan daya saing bagi perusahaan tersebut.Salah satu tujuan didirikannya sebuah perusahaan yaitu maksimalnya keuntungan dan nilai perusahaan yang tercermin melalui harga sahamnya. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2012-2014”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur pada sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2014. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 52 sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskritif, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, dan uji heterokedastisitas. Pengujian hepotises menggunakan teknik analisis regresi linier, uji F, uji R dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (2) profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (3) ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (4) likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan Kata kunci : Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Nilai Perusahaan