PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, KEBIJAKAN DEVIDEN DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2015)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengaruh corporate social responsibility, profitabilitas, ukuran perusahaan, kebijakan deviden, pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013 sampai dengan tahun 2015. Sampel perusahaan dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling, sehingga dedapatkan sampel sebanyak 27x3=81 perusahaan manufaktur. Teknik pengujian data adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan data sekunder yang didapatkan dari website resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.com) serta menelusuri laporan tahunan yang terpilih menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan adalah profitabilitas, dan ukuran perusahaan Sedangkan variabel corporate social responsibility, kebijakan deviden, dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: nilai perusahaan, corporate social responsibility, profitabilitas, ukuran perusahaan, kebijakan deviden, pertumbuhan perusahaan