PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL FILM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS IX DI SMP ISLAM AL – AZHAR 23 SEMARANG

Main Author: Firmansyah, Syahrul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
etc
Online Access: http://repository.unissula.ac.id/903/1/152111695_1cover.pdf
http://repository.unissula.ac.id/903/2/152111695_1daftar%20isi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/903/3/152111695_1abstrak.pdf
http://repository.unissula.ac.id/903/
Daftar Isi:
  • Syahrul, Firmansyah, 152111695, 2015 ”Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Film Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas IX Di SMP Islam Al – Azhar 23 Semarang”. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sultan Agung. Dosen Pembimbing : Drs. M. Muhtar Arifin S, M.Lib Pembelajaranmenggunakan media Audio Visual dapatdigunakanuntukmembantupenyampaianinformasi yang sangatsulitdijelaskanmelaluilisandalammenampilkankonsepkonsepsuatuhal.Fakta-fakta yang dapatdiamati, danproseduruntukmenguasaikompetensi yang harus yang harusdikuasaiolehsiswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendiskripsikan Penggunaan Media pembelajaran audio visual “film” kelas IX pada mata belajar PAI di SMP Islam Al-Azhar 23 Semarang 2) Untuk mendiskripsikan motivasi belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al-Azhar 23 Semarang 3) Untuk mendiskripsikan ada tidaknya pengaruh Penggunaan Media pembelajaran audio visual “film” terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al-Azhar 23 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Field research adalah penelitian yang dilakukan oleh di medan lapangan, tempat terjadinya gejala – gejala yang di selidiki. Tempat penelitian ini adalah di SMP Islam Al-Azhar 23 Semarang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara metode angket, interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh media pembelajaran audio visual film terhadap motivasi belajar siswa di SMP Islam Al – Azhar 23 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari hasil data – data yang diolah menggunakan rumus uji – t yang menunjukkan hasil perhitungan t yaitu sebesar 9,918 yang menunjukkan pengaruh yang positif. Sedangkan nilai koefisien nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% menunjukkan nilai sebesar 2,074 dan taraf signifikansi 1% sebesar 2,819 yang artinya lebih kecil dibandingkan nilai t hitung. Dari perhitungan di atas dapat diketahui nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel pada taraf 5% maupun 1%, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh yang positif penggunaan media pembelajaran audio visual film terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP Islam Al- Azhar 23 Semarang. Kata kunci : Media pembelajaran, film, motivasi belajar, Siswa SMP