Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang persepsi mahasiswa terhadap praktik umpan balik korektif guru di kelas menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis umpan balik yang paling disukai oleh mahasiswa Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi semester empat dan untuk menyelidiki persepsi mahasiswa tentang praktik umpan balik korektif guru di kelas menulis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi semester pada tahun akademik 2016/2017 dengan total 37 mahasiswa.Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner dan wawancara.Kemudian data dianalisis dengan pengkodean data dan dianalisis dengan menggunakan SPSS 19.0.Peneliti menyimpulkan bahwa mahasiswa lebih menyukai koreksi tentang tatabahasa dan kosa kosakata yang mereka gunakan dalam tulisan mereka dibandingkan dengan koreksi tentang pelafalan, organisasi, atau tanda baca.Selain itu, praktik umpan balik korektif guru sangat bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan kualitas tulisan mereka dan meningkatkan pembelajaran mandiri mereka yang terjadi saat menerima umpan balik mengenai tulisan mereka dari guru dan diminta untuk merevisi dan membuat perbaikan yang relevan. Kata-kata Kunci: Persepsi, Umpan Balik Korektif, Menulis.