Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah tentang penggunaan strategi Field Trip untuk pembelajaran dalam menulis teks deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan strategi Field Trip dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis teks deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan desain kuasi-eksperimental. Penelitian ini difokuskan pada pengajaran menulis teks deskriptif terutama dengan menggunakan strategi Field Trip. Penulis mengambil siswa kelas VIII B dan kelas VIII E sebagai sampel penelitian. Total subjek penelitian ada 56 siswa. Dalam melakukan penelitian ini, penulis mengumpulkan data yang dilakukan melalui pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini, nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 65.24 untuk grup eksperimen dan 62.67 untuk grup control. Lalu, nilai rata-rata siswa pada post-test adalah 86.76 untuk grup eksperimen dan 84.67 untuk grup control. Selanjutnya hasil dari T-test menunjukkan bahwa that sig. (2-tailed) adalah 0.000 (α < 0.05). Hal ini menyatakan bahwa ada perbedaan signifikan terhadap pencapaian menulis siswa antara grup eksperimental dan grup control. Karenanya dapat disimpulkan bahwa strategi Field Trip efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa pada teks deskriptif Kata kunci: Menulis, Teks Deskriptif, Strategi Field Trip .