MODEL PEMBELAJARAN PAI PADA PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Kasus Pengembangan Behavioral (Ketrampilan Ibadah) Bagi Siswa Tunagrahita Di SLB Negeri Ungaran)
Daftar Isi:
- Peserta didik tunagrahita berhak diberikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam rangka mencukupi kebutuhan rohaninya, karena secara umum memang pendidikan Islam diarahkan kepada usaha untuk membimbing dan mengembangkan behavioral khususnya pada keterampilan ibadah. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan pada anak tunagrahita tercapai dibutuhkan model pembelajaran Agama Islam yang baik. Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Implementasi model pembelajaran PAI pada peserta didik tunagrahita di SLB Negeri Ungaran dilakukan dengan mengedepankan pembimbingan, sikap keluwesan, ramah tamah dan penyayang, penggunaan suara yang keras dan juga perlahan-lahan, penciptaan disiplin, memberikan penguat pada siswa dan memberikan variasi metode pembelajaran agar siswa memahami dan mampu mempraktekkan materi yang ada dalam PAI. 2) Implementasi model pembelajaran PAI bagi pengembangan behavioral (ketrampilan ibadah) bagi siswa Tunagrahita Di SLB Negeri Ungaran dilakukan mengarahkan stimulus anak baik secara kelompok dengan penekanan pada keterampilan siswa dalam melaksanakan ibadah secara benar sesuai dengan kondisinya dengan menekankana pengelolaan kelas yang variatif, pengorganisasian siswa dan penilaian siswa terhadap keterampilan yang dikuasai. Kata kunci: Model Pembelajaran, PAI, Peserta Didik, Tunagrahita