Daftar Isi:
  • Madrasah Ibtidaiyah NU 28 Roudlotussibyan Jurangagung merupakan salah satu sekolah yang diidamkan oleh masyarakat. Namun masih ada permasalahan yang berkaitan dengan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan mengajar. Pengelolaan pembelajaran yang kurang maksimal, sehingga prestasi belajar siswa masih rendah. Pelaksanaan pembelajaran yang kurang maksimal dengan keterbatasan keterampilan guru serta sarana prasarana yang kurang mendukung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Keabsahan data dengan triangulasi suber data. Hasil penelitian ini meliputi 1) Guru Pendidikan agama islam di MI NU 28 Jurangagung sudah menunjukkan keterampilan mengajar yang baik berupa persiapan administrasi pembelajaran seperti silabus, RPP, protah dan promes. guru juga memanfaatkan media dan metode pembelajaran serta melakukan evaluasi. Namun, masih perlu ditingkatkan karena masih kurang maksimal dan kurangnya fasilitas pembelajaran yang menghambat keteraampilan guru. 2) Pelaksanaan supervisi kepala sekolah di MI NU 28 Jurangagung dilakukan tiap semester 1-2 kali yang dijadwalkan di awal semester, dengan tujuan pembinaan dan peningkatan keterampilan guru PAI. Bentuk supervise berupa supervise akademik dan kunjungan kelas. Supervisi sudah terlaksana namun masih menemui hambatan karena benturan dengan kegiatan dinas oleh kepala sekolah. 3) Peran dan tanggung jawab kepala sekolah sebagai supervisor di MI NU 28 Jurangagung ditunjukkan dengan program supervisi yang berkelanjutan dan penyediaan fasilitas pembelajaran guna peningkatan keterampilan guru PAI. Kata Kunci: Peran dan Tanggung Jawab, Kepala Sekolah, Supervisor Keterampilan Mengajar, Guru Pendidikan Agama Islam