Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji penggunaan film animasi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa pada teks recount di SMAN 1 Karangtengah, Demak pada tahun ajaran 2016/2017. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas sebelas di SMAN 1 Karangtengah, Demak. Sampelnya berjumlah 75 siswa. Mereka terbagi menjadi dua kelas, yaitu XI MIPA I sebagai kelas penelitian dan XI MIPA II sebagai kelas kontrol. Ada tiga jenis aktivitas didalam penelitian ini, yaitu pre-test, treatment dan post-test. Aktifitas-aktifitas tersebut diberikan kepada kedua kelas. Treatment yang diberikan pada kedua kelas berbeda, treatment pada kelas penelitian menggunakan film animasi sedangkan pada kelas kontrol tidak menggunakan film animasi. Pre-test dan post-test pada kedua kelas adalah sama. Hasil olah data menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada kelas penelitian adalah 50.42 dan pada kelas kontrol adalah 49.72. Sedangkan hasil dari t-test Sig. (2-tailed) adalah 0.974. Hal itu menunjukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil dari post-test antara kelas penelitian dan kelas kontrol. Kata Kunci: Film Animasi, Teks Recount, Berbicara