Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah tentang penggunaan strategi Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan strategi Think-Talk-Write (TTW) dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis teks deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan desain kuasi-eksperimental. Penelitian ini difokuskan pada pengajaran menulis teks deskriptif terutama dengan menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW). Penulis mengambil siswa kelas MIA 3 dan kelas MIA 5 sebagai sampel penelitian. Total subjek penelitian ada 76 siswa. Dalam melakukan penelitian ini, penulis mengumpulkan data yang dilakukan melalui pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini, nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 63.16 untuk grup eksperimen dan 65.89 untuk grup control. Lalu, nilai rata-rata siswa pada post-test adalah 79.42 untuk grup eksperimen dan 73.87 untuk grup control. Selanjutnya hasil dari T-test menunjukkan bahwa that sig. (2-tailed) adalah 0.000 (α < 0.05). hal ini menyatakan bahwa ada perbedaan signifikan terhadap pencapaian menulis siswa antara grup eksperimental dan grup control. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi Think-Talk-Write (TTW) efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa pada teks deskriptif Kata kunci: Kemampuan Menulis, Teks Deskriptif, Strategi Think-Talk-Write (TTW).