IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL IN SPOKEN DESCRIPTIVE TEXTS USING ENVIRONMENTAL MEDIA (A Quasi Experimental Study of the Eighth Grade Students of SMP Futuhiyyah Mranggen Demak in the Academic Year of 2016/2017)
Daftar Isi:
- Berbicara adalah salah satu keterampilan bahasa yang paling penting. Tanpa berbicara, orang tidak akan bisa mengatakan apapun untuk menyampaikan pendapat, perasaan, dan ide mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media lingkungan efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada teks deskriptif lisan. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen atau desain nonequivalent control group. Populasi untuk penelitian adalah kelas siswa delapan SMP Futuhiyyah Mranggen tahun ajaran 2016/2017 dengan total 95 siswa. Peneliti menggunakan tehnik sampel convenience yang mana 2 kelas diambil sebagai sampel, yaitu VIII C sebagai kelas kontrol dan VIII B sebagai kelas perlakuan. Alat pengumpulan data menggunakan tes lisan. Tes diberikan pada pretest dan post test untuk kedua kelas. Data dianalisa menggunakan program SPSS versi 23.0. Hasil dari pretest menunjukkan rata-rata dari kelas eksperimen adalah 52.50 dan kelas kontrol adalah 48.00. Setelah melakukan perlakuan, peneliti memberikan post test. Hasil rata-rata nilai pada post test kelas kontrol adalah 53.81 dan kelas perlakuan adalah 61.56. Perhitungan T-test menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hasil ini didukung oleh hasil analisis t-test antara pretest dan post test dikelas percobaan bahwa sig(2-tailed) 0.001 < 0.05 dan t-value lebih besar dari t-table (3.449 > 1.999), maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha dapat diterima. Kesimpulannya, penggunaan media lingkungan dalam mengajar teks deskrptif lisan dalam meningkatkan kemampuan bebrbicara siswa pada teks deskiptif lisan. Kata Kunci: Media Lingkungan, Berbicara, Teks Deskriptif Lisan