Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah tentang penggunaan drama untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan drama dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas XI di SMAN 1 Guntur Demak tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMAN 1 Guntur Demak, dan kelas XI-Social 1 sebagai kelas experimental dan XI-Social 3 sebagai kelas control. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan drama sebagai independent variable dan kemampuan berbicara sebagai dependent variable.Ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental.Data dikumpulkan melalui tes berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan tekhnik drama effektif meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Rata – rata nilai post-test siswa pada kelas experimental adalah 80.74 dan untuk kelas control adalah 71.03. sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05.Itu berarti Ha diterima. Itu menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari nilai rata-rata speaking yang dicapai oleh siswa kelas experimental dan kelas control. Kata kunci: kemampuan berbicara, drama.